17 Februari 2009

Permintaan Meningkat, Harga Cengkeh dan Kapulaga Naik

Antara Sumatera Barat, Padang | Kamis, 05/02/2009

Padang ,(ANTARA) - Naik dan turunnya harga beberapa komoditi pertanian di Kota Padang dalam sepekan terakhir ini dikarenakan naik dan turunnya permintaan pasar terhadap komoditi tersebut

Hal ini sampaikan beberapa pengumpul komoditi pertanian yang berada di kawasan Pondok kepada antara-sumbar.com kamis (5/2) yang mengatakan komoditi yang mengalami kenaikan saat ini seperti gardamunggu (kapulaga) dari Rp38rb per Kg menjadi Rp40rb per Kg dan cengkeh dari Rp45rb per Kg menjadi Rp48rb per Kg nya.

Sementara komoditi yang mengalami penurunan yaitu pada harga coklat dari Rp26rb per Kg menjadi Rp24rb per Kg dan pala dari Rp28rb per Kg menjadi Rp26rb per Kg nya.

Salah seorang pengumpul ida (52) mengatakan gardamunggu dan cengkeh sepekan terakhir ini naik dibanding coklat dan pala yang mengalami penurunan. Sementara harga kayu manis Rp4rb per Kg,kopi Rp.18rb per Kg,dan biji pinang Rp4300 per Kg saat ini masih stabil.

"Harga komoditi ini akan terus berubah-ubah,tergantung dari banyaknya permintaan pasar," katanya.

Ia menambahkan walaupun terjadi penurunan harga pada beberapa komoditi penyalurannya selalu lancar karena para petani tidak ada yang menahan hasil pertanian mereka.

"Berapapun harga yang sedang berlaku tidak mengubah minat para petani untuk menjual hasil pertanian mereka kepada para pengumpul," katanya.

Hal yang sama juga dikatakan pengumpul komoditi lain Wal Hamzah (46) yang mengatakan walaupun terjadi kenaikan dan penurunan harga yang selalu berubah-ubah,tidak menghambat penyaluran atau berkurangnya keinginan para petani untuk menjual produknya. (cpw6/RAR)

Tidak ada komentar: