27 Mei 2008

Hutan Di Jawa Barat Kian Ciut

Senin, 26 Mei 2008

TEMPO Interaktif, Jakarta:Kondisi hutan di Jawa Barat semakin memprihatinkan. Peneliti dari Lembaga Penelitian Universitas Padjadjaran Bandung Chay Asdak mengatakan, berdasarkan pantauan satelit, luas hutan yang tersisa tidak lebih dari 10 persen. Angka ini jauh lebih kecil dari data yang ada yaitu 22 persen. Salah satu menyusutnya luas hutan adalah gagalnya program gerakan reboisasi hutan dan gerakan rehabilitasi lahan kritis.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Anang Sudarna membantah data itu. Menurut Anang, sejak tahun 2004 hingga 2010, pihaknya sudah melakukan rehabilitasi yang ditargetkan mencapai 40 ribu hektare. "(Bibit) yang kami tanam lima tahun lalu mungkin tidak tampak di satelit," ujar Anang.

Rehabilitasi ini, dilakukan karena pada tahun 2004, ada 151 ribu hektare lahan kritis dari 816 ribu hektar luas hutan di Jawa Barat saat itu. Sekarang, kata Anang, luas lahan kritis tersisa 37 ribu hektar lagi. "Jadi kalau berdasarkan data kami, gerakan rehabilitasi hutan berhasil hingga 95 persen," katanya.

Selain melakukan rehabilitasi di kawasan hutan lindung, kata dia, pihaknya juga mempersilakan warga untuk menanam padi atau palawija di hutan. "Kami juga sudah mengajukan dana untuk bantuan bibit pada APBD tahun depan," katanya.

Rana Akbari Fitriawan

Tidak ada komentar: