14 Mei 2008

Mes Serikat Petani Pasundan Terbakar

Okezone, Rabu, 14 Mei 2008

GARUT - Terjadi Kebakaran yang melumpuhkan Pusdik dan Mess Serikat Petani Pasundan (SPP) serta satu unit rumah warga milik Solihin (38) di Jalan Raya Samaran Kampung Nagara Tengah Desa Cimangaten Kecamatan Karogong Kaler Garut sekitar pukul 02.45 WIB dini hari tadi.

Api baru bisa dipadamkan pukul 05.00 WIB. Kebakaran ini mengakibatkan kerugian sebesar Rp. 250 Juta. Namun, kebakaran ini tidak menimbulkan korban jiwa. Penyebab kebakaran belum bisa dipastikan hingga kini.

Humas SPP, Anwar yang menyaksikan kejadian itu mengatakan titik api berasal dari bangunan Pusdik yang berukuran 6 kali 12 meter. Api kemudian dengan cepat merambat ke Mess berukuran 12 kali 9 meter yang pada saat itu dihuni oleh lima orang pelajar dia antaranya Enis (16), Sata (17), Siti (16), Ahmad (17), Asep (26) dan Ayi (18) serta keluarga Upi (32), Yuli (28), Asep (26) serta seorang anak bernama Vikri (3).

"Beruntung semuanya dapat selamat namun yang saya bingung, kejadian ini berlangsung setelah kami menyerahkan tiga juta sertifikat tanah kepada masyarakat se Jawa Barat di Kabupaten Sumedang," kata Anwar, Rabu (14/5/2008).

Selain itu, lanjut Anwar, pihaknya pun berencana akan menggelar aksi pada tanggal 20 Mei mengenang 1 abad kebangkitan nasional dengan tuntutan reformasi agraria.

"Saya yakin kebakaran ini bukan akibat korsleting listrik," ujarnya.

Sementara itu, Sekjen SPP, Agustiana mengatakan akibat kebakaran ini sejumlah dokumen penting pengajuan tanah yang dimohonkan masyarakat hagus tidak terselamatkan.

"Pokonya saya serahkan kepada pihak kepolisian, saya tidak akan menuduh siapa-siapa nantinya timbul implikasi lain," katanya.

Kapolwil Priangan, Kombes Anton Cadian yang dimintai keterangan menyampaikan pihaknya akan menggunakan sistem scientific investigation untuk menemukan kebenaran fakta.

"Kami telah meminta Puslabfor Mabes POLRI untuk melakukan identifikasi. Ya mudah-mudahan hasilnya dapat diketahui secepat mungkin kita proses," terangnya.

Cadian juga berharap kejadian ini tidak menyurutkan perjuangan SPP untuk menyemangati dan membangun tanah Pasundan.

(Sigit Zulmunir/Trijaya/fit)

Tidak ada komentar: