21 Juni 2008

Musim Kering Tak Pengaruhi Produksi Padi

CIANJUR, (PRLM).- Kekeringan yang melanda lahan sawah di beberapa lokasi, di prediksi tidak akan mempengaruhi produksi padi Kab. Cianjur tahun 2008 secara keseluruhan. Sebab, umumnya tanaman padi di kab. Cianjur, tidak lama lagi akan memasuki usia panen. Dinas Pertanian Kab. Cianjur menargetkan produksi padi musim tanam 2008 bisa mencapai 90 persen.

"Kemarau tahun ini memang telah menyebabkan lebih dari 1.000 hektare tanaman padi di beberapa daerah Kab. Cianjur mengalami kekeringan ringan dan sedang.

Kondisi seperti itu terselamatkan oleh hujan yang kadang-kadang turun sehingga potensi air tersedia," kata Kasubdin Perlindungan dan Rehabilitasi Tanaman Dinas Pertanian Kab. Cianjur, Tisna Sasmita Minggu (15/6).

Menurutnya di beberapa daerah potensi sumber air yang dekat dengan sawah petani masih ada, sehingga masih memungkinkan dilakukan gilir giring. Kemudian upaya lain menyelamatkan tanaman petani dilakukan pula dengan mengoptimalkan pompa bantuan pemerintah maupun milik petani. (A-116/A-140)

Tidak ada komentar: